Capaian Pembelajaran Lulusan

PROFIL PROGRAM STUDI

PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI

1. Profil Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi

        Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi berdiri pada tahun 2013 berdasarkan izin penyelenggaraan Surat Keputusan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi No.212/E1.3/HK/2013. Pada tahun 2022 Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi terakreditasi Unggul berdasarkan Keputusan LAMDIK No. 355/SK/LAMDIK/Ak/S/X/2022. Visi keilmuan Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi “Menghasilkan Tenaga Pendidik Bidang IT, pengembang media pembelajaran, Konsultan IT, serta entrepeneur di bidang Teknologi Informasi yang unggul pada kajian, perancangan, dan pengembangan Teknologi dalam pendidikan” yang lulusannya memperoleh gelar Sarjana Pendidikan (S. Pd).

        2. Keunggulan Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi

        Dalam rangka menghadapi Transformasi Digital dalam bidang pendidikan dan industri, keunggulan Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi diantaranya Kurikulum Program Studi sesuai dengan tuntutan kompetensi DUDI (Dunia Usaha Dunia Industri), Mahasiswa mempelajari mata kuliah bidang ilmu komputer dan mata kuliah bidang ilmu kependidikan, dan pembelajaran yang menekankan pada concrete experience.

        3. Prosfek Karir Lulusan

        Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi berkomitmen untuk menghasilkan lulusannya sebagai berikut:

        1. Tenaga Pendidik bidang IT
        2. Pengembang Media/Aplikasi Pembelajaran berbasis web, dekstop, dan mobile
        3. Konsultan IT
        4. Entrepeneur
        5. Link Social Media

        HIMA                                                               : https://bit.ly/4eFQICJ

        Pendidikan Teknologi Informasi Official       : https://bit.ly/40Y5B06

        • CPL
        KodeDeskripsi Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
        P-1Mampu mengembangkan model pengembangan instruksional, model pembelajaran, strategi dan metode pembelajaran, media pembelajaran, evaluasi proses dan hasil belajar untuk mendukung manajemen pendidikan berbasis teknologi informasi pada satuan pendidikan formal, informal, dan non formal berdasarkan tinjauan filosofi, psikologi, sosial, dan teknologi yang berlandaskan nilai ketaatan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius serta menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan profesional dibidang teknologi informasi.
        P-2Mampu menguasai konsep pengembangan dan pengelolaan teknologi informasi, konsep dan prinsip desain, algoritma fundamental yang berkaitan dengan struktur data dan manipulasinya, bahasa-bahasa pemrograman, arsitektur dan organisasi komputer, sistem operasi komputer, serta jaringan computer serta konsep alur prosedural pemrograman komputer dalam mendukung kinerja system computer untuk memecahkan masalah dalam konteks nyata dibidang industri, akademik, dan lingkungan sosial
        P-3Mampu mensintesis, mengevaluasi, dan merencanakan kebutuhan model dan strategi bisnis untuk menciptakan bisnis digital dalam skala makro dan micro yang bertanggungjawab serta memiliki semangat kemandirian, kewirausahaan.
        P-4Memahami etika dan profesionalisme di bidang Teknologi Informasi
        KK-1Mampu merancang dan menerapkan sistem instruksional sesuai dengan kebutuhan dan kurikulum
        KK-2Mampu mengembangkan dan mengelola manajemen pendidikan dan pembelajaran berbasis teknologi informasi yang terbarukan
        KK-3Mampu merancang dan mengembangkan system informasi, aplikasi, dan media berbasis desktop, web, dan mobile untuk kepentingan industri, akademik, dan lingkungan sosial.
        KK-3Mampu merancang dan mengembangkan model bisnis digital B2B, B2C, dan C2C ,berlandaskan prinsip kerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat.
        P-5Mahasiswa mampu menerapkan bahasa Indonesia di berbagai konteks dan memiliki jiwa kewirausahaan dengan mengoptimalkan teknologi pendidikan yang berlandaskan nilai-nilai Pancasila dan keislaman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.